Analisis Pengembangan Sektor Potensial Guna Mendorong Peningkatan Perekonomian Wilayah Kota Kupang Provinsi Nusa Tenggara Timur

Penulis

  • M Basri Politani Negeri Kupang

DOI:

https://doi.org/10.37182/jik.v5i2.50

Kata Kunci:

pengembangan ekonomi, sektor potensial

Abstrak

Pembangunan daerah perlu memperhatikan potensi daerah, yang dilakukan dengan menelaah PDRB untuk melihat adanya potensi unggulan/basis dan non unggulan/non basis dalam rangka mengoptimalkan hasil pembangunan guna mendapatkan tingkat kesejahteraan yang tinggi. Jika pemerintah menginginkan daerahnya berkembang dan maku,, maka program pembangunannya harus berangkat dari pengembangan potensi ekonomi unggulannya. Penelitian ini bertujuan menganalisis pengembangan sektor potensial dan merumuskan alternatif  strategi pengembangan perekonomian Kota Kupang.. Metode analisis yang digunakan adalah Locaion Quotient (LQ),, dan SWOT. Hasil dari penelitian adalah terdapat lima sektor memiliki nilai LQ > 1. Sektor yang paling potensial dikembangkan di Kota Kupang yaitu, Sektor listrik, gas, dan air bersih;  sektor Keuangan persewahan dan perusahaan, sektor Pengangkutan; sektor Konstruksi; dan sector Perdagangan hotel dan restoran.  analisis SWOT menunjukkan bahwa faktor Strengths (kekuatan), kelemahan (Weaknesses), Opportunities (peluang), dan Threats (ancaman)  strategi pengembangan sektor potensial perekonomian tergolong dalam kuadran Progresif.

Unduhan

Data unduhan belum tersedia.

Referensi

Abdullah, P et al. (2002) Daya Saing Daerah : Konsep dan Pengukurannya di Indonesia. Yogyakarta: BPFE.

BPS Kota Kupang. (2018). PDRB Kota Kupang Tahun 2013-2018. Kupang:Badan Pusat Statistik Kota Kupang.

BPS NTT. (2018). Nusa Tenggara Timur dalam Angka. Kupang: Badan Pusat Statistik Nusa Tenggara Timur.

Kuncoro, M. (1997), Ekonomi Pembangunan, Teori, Masalah, dan Kebijakan, Akademi Peremajaan Perusahaan, YKPN, Yogyakarta

Paturochman, M. (2012). Penentuan Jumlah dan Teknik Pengambilan Sampel. Bandung: Fakultas Peternakan Universitas Padjajaran.

Sumihardjo, Tumar. (2008) Penyelenggaraan Pemerintahan Daerah Melalui Pengembangan Daya Saing Berbasis potensi Daerah. Bandung, Fokus Media.

Suparmoko, M. (2002) Ekonomi Publik untuk Keuangan dan Pembangunan Daerah. Yogyakarta: Andi Offset.

Sukimo, S. (2002). Pengantar Teori Makro ekonomi. Jakarta: PT RajaGrafindo Persada.

Sumihardjo, T. (2008) Penyelenggaraan Pemerintahan Daerah Melalui Pengembangan Daya Saing Berbasis potensi Daerah. Bandung: Fokus Media.

##submission.downloads##

Diterbitkan

2020-11-25

Cara Mengutip

Basri, M. (2020). Analisis Pengembangan Sektor Potensial Guna Mendorong Peningkatan Perekonomian Wilayah Kota Kupang Provinsi Nusa Tenggara Timur. Jurnal Inovasi Kebijakan, 5(2), 1-8. https://doi.org/10.37182/jik.v5i2.50