Analisis Potensi Daerah dalam Rangka Menghadapi Masyarakat Ekonomi Asean

Penulis

  • Marius Masri

Kata Kunci:

Sektor Basis, Daya saing, Masyarakat Ekonomi ASEAN

Abstrak

Pertimbangan pembentukan MEA adalah (i) potensi penurunan biaya produksi di ASEAN sebesar 10-20 persen untuk barang konsumsi sebagai dampak dari integrasi ekonomi; (ii) meningkatkan kemampuan kawasan dengan implementasi standar dan praktik internasional, intelectual property rights dan adanya persaingan. Tujuan dilakukan kajian ini adalah; (i) Menganalisis perkembangan PDRB selama 5 (lima) tahun (tahun 2010-2015), (ii) Menganalisis sektor ekonomi basis (unggulan) yang dapat meningkatkan daya saing daerah dalam menghadapi MEA, (iii) Menganalisis sektor-sektor ekonomi potensial yang dikembangkan sebagai penunjang pertumbuhan ekonomi di Kota Kupang, dan (iv) Mengetahui faktor-faktor yang menjadi kendala bagi Pemerintah Kota Kupang dalam menghadapi MEA.

Untuk menghadapai MEA Pemerintah Kota Kupang membuat program peningkatan daya saing, memberikan batuan kepada seluruh pelaku usaha, meningkatkan infrastruktur, memperbaiki iklim investasi, dan program peningkatan kualitas sumber daya manusia.

Unduhan

Data unduhan belum tersedia.

Unduhan

Diterbitkan

30-11-2017

Cara Mengutip

Masri, M. (2017). Analisis Potensi Daerah dalam Rangka Menghadapi Masyarakat Ekonomi Asean. Jurnal Inovasi Kebijakan, 2(1), 57–65. Diambil dari https://jurnalinovkebijakan.com/index.php/JIK/article/view/9