Penerapan Pencatatan Keuangan Berbasis SAK ETAP dengan Pendekatan Analisis SWOT pada UMKM di Kota Kupang

  • Helda Marlin Ala Universitas Kristen Artha Wacana Kupang
  • Boy Supriana Efendi
Kata Kunci: Pencatatan Keuangan, SAK ETAP, UMKM, SWOT

Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui proses pencatatan keuangan berbasis SAK ETAP guna pengembangan Usaha Mikro, Kecil dan Menengah (UMKM)  di Kota Kupang. Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan kualitatif. Subjek penelitian yaitu pemilik usaha UMKM di Kota Kupang. Adapun teknik analisis data yang digunakan adalah teknik analisis kualitatif dan analisis SWOT. Dimana analisis kualitatif menggunakan teknik pengumpulan data triangulasi sedangkan analisis SWOT digunakan untuk mengidentifikasi berbagai faktor secara sistematis serta merumuskan proses pencatatan keuangan berbasisi SAK ETAP suatu perusahaan. Hasil penelitian ini menunjukkan proses akuntansi dari proses pencatatan, neraca, laporan rugi laba, laporan perubahan equitas, dan laporan arus kas untuk menunjang penggunaan laporan keuangan berbasis SAK ETAP tidak dapat dijalankan dengan baik sebagai suatu kekuatan dari suatu UMKM dalam menyediakan informasi keuangan untuk menilai kinerja UMKM mereka selama satu periode itu memiliki laba atau rugi.

Referensi

Amalia, A., & Wahyu Hidayat, A. B. (2012). Analisis Strategi Pengembangan Usaha Pada UMKM Batik. Jurnal Admistrasi Bisnis Vol 1 , No 1.
Anoraga. (2011). Psikologi Manajemen. Bandung: Rineka Cipta.
Armando, Z. R. (2014). Ekplorasi dan Remodeiling Akuntansi Pada Usaha Mikro dan Kecil (UMK). Artikel Ilmiah Universitas Brawijaya .
BPS. (2008). Indikator Makro Ekonomi Usaha Kecil dan Menengah Tahun 2003. BPS. Biro Pusat Statistik (2013). Jumlah Usaha Kecil dan Menengah di Indonesia.BPS.
Dafid, F. (2010). Manajemen Strategis Konsep. Jakarta : Salemba Empat.
Mansyur, D. I. (2012). Persepsi Pelaku Usaha Mikro Kecil Menengah atas Penggunaan Laporan Keuangan (Studi Empiris pad UMKM Mitra Binaan PT. Telkom Indonesia, Tbk Wilayah VII KTI). Makasar: Universitas Hasanudin .
Primawardana, T., & Indriyani, R. (2015). Strategi Pengembangan Usaha pada "YULIA BAKERY" Sidoarjo. AGORA Vol. 3, No 2 .
Sari, R., & A.B, S. (2012). Persepsi Pemilik dan Pengetahuan Akuntansi Pelaku Usaha Kecil dan Menengah Atas Penggunaan Informasi Akuntansi. Seminar Nasional UPI Bandung. Bandung: Universitas Pendidikan Indonesia .
Srikandi, C., & A., S. (2010). Analisis Penerapan Siklus Akuntansi pada Usaha Kecil dan Menengah di Daerah Istimewah Yogjakarta. STIE Nusa Megar Kencana E-Journal .
Undang-undang. Nomor 20 tahun 2008 tentang Usaha Mikro,Kecil dan Menengah. Jakarta: Sekretariat Negara Republik Indonesia.
Diterbitkan
2019-05-30